A. Tujuan Pendidikan
1. Tujuan Pendidikan Nasional
Pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
2. Tujuan Pendidikan Menengah
Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
3.Tujuan Pendidikan Dasar
Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
B. Visi dan Misi SMP Negeri 2 Banyudono
1. Dasar Pemikiran
SMP Negeri 2 Banyudono, sebagai sebuah sekolah yang berada di pedesaan, terpanggil untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat melalui pendidikan. Ini dilandasi dengan kesadaran bahwa pendidikan adalah aset paling berharga untuk kehidupan masa depan yang semakin berkualitas. Setiap guru diharapkan mampu:
- Memahami pembelajaran saintifik pada kurikulum 2013
- Membedakan dimensi faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dari pengetahuan
- Mengembangkan keterampilan siswa pada ranah konkrit dan abstrak
- Merancang dan melaksanakan pembelajaran saintifik dengan model-model pembelajaran
- Menilai pelaksanaan pembelajaran saintifik
Pembelajaran saintifik merupakan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah. Model pembelajaran yang diperlukan adalah yang memungkinkan terbudayakannya kecakapan berpikir sains, terkembangkannya “sense of inquiry” dan kemampuan berpikir kreatif siswa (Alfred De Vito, 1989)
Untuk memperkuat pendekatan ilmiah (scientific), tematik terpadu (tematik antarmata pelajaran), dan tematik (dalam suatu mata pelajaran) perlu diterapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/ penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong kemampuan peserta didik untuk menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok maka sangat disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah(project based learning). (Permendikbud No 65/2013)
2. Visi : Menjadi Sekolah Maju yang Beriman , Cerdas Terampil, dan Misioner. (Beriman CTM)
3. Misi SMP Negeri 2 Banyudono merumuskan cara-cara mendasar untuk meraihnya, yang disebut misi, yaitu :
- Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan peserta didik yang beriman mendalam.
- Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang cerdas, berprestasi akademik dan nonakademik.
- Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang terampil
- Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang misioner (bisa mengamalkan/mewartakan yang dimuliki)
- Mewujudkan kurikulum yang berkualitas, yaitu holistik, sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa, dan konteks sekolah.
- Mewujudkan proses pembelajaran yang dinamis, kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan menggunakan konsep pendekatan saintifik
- Mewujudkan sistem penilaian yang menyeluruh, otentik, objektif, dan berkelanjutan, yang mampu mengukur kompetensi siswa secara utuh.
C. Tujuan Sekolah
Misi Pertama : Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan peserta didik beriman mendalam.
Tujuan dari misi pertama di atas adalah sebagai berikut:
- Terwujudnya lulusan yang berkepribadian baik berdasarkan nilai agama dan nilai sosial budaya bangsa.
- Terwujudnya lulusan yang mempunyai iman mendalam dan tangguh sesuai dengan agamanya serta tidak goyah akan bujukan dalam bentuk apa pun.
- Terwujudnya perilaku lulusan yang bermoral, berkarakter, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur
- Tertanamnya nilai-nilai akhlak yang mulia ke dalam diri peserta didik yang kemudian terwujud dalam tingkah lakunya
Misi Kedua : Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan cerdas
Tujuan dari misi kedua di atas adalah sebagai berikut :
- Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan lulusan berpengetahuan, berprestasi di bidang akademik yaitu berhasil masuk 20 besar di tingkat kabupaten.
- Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan lulusan berprestasi bidang nonakademik, minimal masuk 10 besar di tingkat Kabupaten Boyolali
- Peningkatan nilai rata-rata ujian nasional minimal + 0,05 setiap tahun, yaitu dari 6,20 tahun 2011/2012 menjadi 6,40 pada tahun 2015/2016
Misi Ketiga : Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan terampil
Tujuan dari misi ketiga di atas adalah sebagai berikut :
- Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan lulusan terampil yaitu cakap dalam menyelesaikan tugas; mampu dan cekatan .
Misi Keempat : Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan peserta didik misioner .
Tujuan dari misi keempat di atas adalah sebagai berikut :
- Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan peserta didik misioner yaitu mampu mengamalkan apa yang ada dalam dirinya .
- Terwujudnya peserta didik yang mampu mengamalkan imannya dalam keluarga dan masyarakat.
- Terwujudnya peserta didik yang mampu mengamalkan kecerdasannya dalam keluarga dan masyarakat.
- Terwujudnya peserta didik yang mampu mengamalkan keterampilannya dalam keluarga dan masyarakat.
Misi Kelima : Mewujudkan kurikulum yang berkualitas, yaitu holistik, sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa, dan konteks sekolah.
Tujuan dari misi kelima di atas adalah sebagai berikut:
- Terwujudnya perangkat Kurikulum yang lengkap, utuh, dan relevan dengan kebutuhan siswa dan konteks sekolah.
- Terwujudnya perangkat pendukung Kurikulum (misalnya buku pedoman dan petunjuk khusus) yang melengkapi kurikulum.
Misi Keenam : Mewujudkan proses pembelajaran yang dinamis, kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan menggunakan konsep pendekatan saintifik
Tujuan dari misi keenam di atas adalah sebagai berikut:
- Setiap guru mampu mengembangkan silabus dan menyusun RPP
- Terwujudnya proses pembelajaran yang dinamis, kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan menggunakan konsep pendekatan saintifik.
- Terwujudnya berbagai perangkat (misalnya modul dan LKS) yang mendukung proses pembejaran dengan konsep pendekatan saintifik.
Misi Ketujuh : Mewujudkan sistem penilaian yang menyeluruh, otentik, objektif, dan berkelanjutan, yang mampu mengukur kompetensi siswa secara utuh.
Tujuan dari misi ketujuh tersebut adalah sebagai berikut:
- Terwujudnya sistem penilaian yang menyeluruh, otentik, objektif, dan berkelanjutan.
- Terwujudnya berbagai dokumen administrasi penilaian yang lengkap, utuh, dan akurat.
- Setiap guru dapat melaksanakan penilaian langsung (authentic assessment)
D. Slogan
1. “Iman Tanpa Perbuatan Mati , Sukses Tanpa Belajar Mustahil.”
2. “ Hidup Adalah Belajar Tanpa Batas, Maka Terus dan Teruslah Belajar!
3. “Ora Et Labora – Belajar dan Berdoa.”
4. “Tiada Hari Tanpa Prestasi, Tiada Hari Tanpa Belajar.”